Creativity and Innovation

Walaupun 2 hal tersebut sekilas memiliki arti yang sama di bidang kreatif, pada kenyataannya berbeda.

Perbedaan

Innovation adalah istilah yang sering muncul dalam bisnis, sebuah perubahan yang penting bagi produk perusahaan sebagai bagian dari strategi marketing. Namun, tidak sesempit itu, Innovation dapat memiliki arti perubahan yang lebih luas, seperti perubahan sistem, alur cerita, atau apapun itu yang sepertinya sudah dipandang terlalu monoton. Innovation dapat mengubah sesuatu yang monoton menjadi menarik kembali.

Creativity adalah awal dari Innovation, sebuah ide kreatif yang memulai perubahan. Sebelum menjadi Innovation, Creativity hanya berupa ide yang dicetuskan, tanpa aplikasi yang jelas. Ketika telah diaplikasikan, makanya terjadilah Innovation.

Persamaan

Singkatnya, keduanya perlu keberanian setiap orang untuk berpikir di luar koridor yang normal atau sering disebut ‘out-of-the-box’, suatu hal yang tidak mudah dilakukan oleh semua orang. Variasi ide dan aplikasinya tentu memiliki banyak kemungkinan, karena setiap orang memiliki ide yang berbeda.

Kesimpulan

Creativity dan Innovation adalah hal yang biasa dilakukan manusia untuk membantu kesulitan mereka, entah dalam bidang seni, bisnis, olahraga, matematika, bahasa, ataupun hanya dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya berasal dari ide dalam otak kita dan menurut saya dapat dilatih dengan semakin sering berpikir dengan cara-cara unik.

Advertisements

About haput070

Just a student of SBM-ITB View all posts by haput070

One response to “Creativity and Innovation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: