Important Innovation

Berhubung post sebelumnya udah bahas tentang Inovasi, yang sekarang adalah contoh-contoh inovasinya. Nggak muluk-muluk, inovasi pentingnya berupa sebuah situs dan sebuah teknologi di masa mendatang.

Sebagai manusia yang suka denger musik, atau kadang disebut audiophile. Inovasi besar dalam hidup adalah ditemukannya situs database musik yaitu:

Last.fm

Kenapa situs ini penting untuk para pendengar musik? Karena selain menyediakan database musik yang besar, situs ini juga menghubungkan sesama pendengar musik dan juga jadi sarana bertukar pendapat (Social Music Revolution). Suka musik The Beatles? Lewat Last.fm tinggal search band The Beatles dan tersedia info lengkap biography, track-track, album mereka, shoutbox buat para pendengar musiknya, sampe daftar rekomendasi Last.fm band-band yang beraliran mirip The Beatles (siapa tau pengen tau musik laennya yang mirip Beatles). Fitur penting lainnya dari Last.fm menurut pengalaman:

1. Music Event

Dengan enter lokasi kita di profile, Last.fm menyediakan informasi Music Event yang akan berlangsung di sekitar kita. Contohnya event Java Jazz atau Beat Fest, berikut informasi line-up artists dan harga tiketnya dari Pre-Sale. Kita juga bisa tau user Last.fm yang hadir di event itu dengan melihat jumlah ‘attending’-nya.

2. Chart

Last.fm menyediakan berbagai Chart musik sesuai dengan setting yang kita cari. Bisa dilihat musik yang trend dari zaman Michael Jackson sampe Justin Bieber. Bisa juga dilihat chart spesifik tiap artis berisi track-track dan albumnya.

3. Scrobble

Fitur ini mendata lagu-lagu di music player kita (entah lewat laptop, komputer, ipod, iphone, android, dll) menjadi play count (jumlah play kita untuk tiap lagu) dan diubah jadi Chart musik kita sendiri. Selain itu juga bisa menghubungkan music player kita dengan Last.fm lewat internet jadi bisa semakin update.

Kesimpulannya, kalo kurang puas dengerin musik yang itu-itu aja lebih baek cobain ketik last.fm dan enter untuk mengekspansi pengetahuan musik kita.

Inovasi kedua ini belom banyak diaplikasikan, tapi teknologinya jelas udah ditemukan. Namanya AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode), inovasi di dunia benda elektronik.

Super AMOLED

Penjelasan ribetnya bisa klik di wikipedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Active-matrix_OLED

Singkatnya, teknologi LED yang bisa buat TV kita hemat listrik sekaligus bergambar lebih jernih + jadi makin tipis sekarang bisa memanfaatkan bahan organik, menjadi teknologi baru bernama AMOLED ini. Kenapa AMOLED ini penting di masa depan? Coba tonton dulu videonya:

Efisien, Tipis, Tahan Lama, Flexible. Good job buat tim RnD SAMSUNG. Teknologi ini memungkinkan device serba bisa yang dipropose oleh NTT DoCoMo, sebuah handphone yang bisa menjadi TV, buku, koran, namun setipis gelang dan tahan lama. Saya cuma berharap supaya teknologi ini bisa dinikmati dengan harga murah, hehe.

– haput

Advertisements

About haput070

Just a student of SBM-ITB View all posts by haput070

One response to “Important Innovation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: