Menulis Di Internet

Setelah hampir 1 semester saya mengikuti kuliah Creativity and Innovation di SBM-ITB. Saya merasa mendapat pengalaman baru menulis di internet, dalam bentuk sebuah blog wordpress ini. Walaupun setiap post yang mengisi blog saya adalah sebuah tugas yang diberikan, setiap orang pasti akan mengerjakan tugas menulis artikel ini dengan cara dan sudut pandang yang berbeda-beda juga. Dengan satu topik, seperti tugas sebelumnya, contoh saja artikel saya tentang Nintendo maka saya dituntut untuk mengeksplor ide tentang topik tersebut. Tidak hanya itu, saya juga jadi bisa berbagi pengalaman kepada orang lain tentang hal-hal yang saya alami dan rasakan.

Pengalaman lain saya menulis di internet adalah menulis dalam forum. Beberapa contoh forum yang pernah saya ikuti adalah forum angkatan, kaskus, ligagame.com, atau cfcnet (penggemar klub sepakbola Chelsea).

Kaskus, The Largest Indonesian Community

Kaskus, sebagaimana menyebutkan dalam taglinenya adalah komunitas orang-orang Indonesia berkumpul di internet. Dengan berbagai fitur, seperti pembahasan tentang pendidikan, berita, game, forum jual beli maupun fungsi yang lebih banyak lagi. Baik orang tua maupun muda, serta dari berbagai jenjang pekerjaan dan pendidikan ikut berpartisipasi.

LigaGame, Komunitas Game Indonesia

Sebagai gamer, saya juga berpartisipasi dalam forum game terbesar di Indonesia, Ligagame. Di website ini, para gamer bisa bertukar informasi tentang game yang dimainkan, peralatan gaming, maupun kenalan sebagai sesama gamer.

CFCNet, Biggest Unofficial Chelsea Forum

Dalam CFCnet, para fans klub sepakbola Chelsea dari seluruh dunia berkumpul. Suatu pengalaman yang baik bagi saya untuk bertukar informasi sesama fans, selain itu juga melatih skill saya dalam berbahasa inggris. Sangat menyenangkan membaca pendapat-pendapat mereka yang penuh candaan namun intelek dalam mengomentari sepakbola.

Dalam forum, saya merasakan interaksi yang lebih dibandingkan dengan menulis blog seperti sekarang, karena ada timbal balik komentar dari orang lain untuk setiap komentar yang saya tanggapi. Selain itu forum bisa menjadi sarana yang sama informatifnya dengan blog, dengan lebih banyak diskusi yang terjadi maka sebuah topik dalam forum yang awalnya hanya menyediakan sedikit informasi (contohnya: penulisan berita di kaskus) dapat dilengkapi oleh orang-orang lain yang terhubung dalam forum melalui media internet.

Menurut saya, dibandingkan dengan menulis biasa, tulisan di internet dapat lebih memperluas wawasan kita serta mengembangkan kreativitas kita dalam menulis. Vokal dalam tulisan, berarti kita juga kreatif dalam menyampaikan pikiran kita dalam bentuk sebuah tulisan, apalagi dengan banyak orang yang membaca tulisan kita. Seperti contohnya, tulisan saya sekarang, pada awalnya bingung akan hal-hal yang harus ditulis tetapi tulisan ini sekarang mengalir dengan sendirinya.

Hanya saja, dalam menulis di internet adapula hal-hal yang harus kita perhatikan. Para penulis di internet kini telah sepakat menamai etika menulis di internet sebagai netiquette. Hal ini dapat dibaca melalui wikipedia, dalam link http://en.wikipedia.org/wiki/Netiquette.

Semoga kita dapat terus berkarya dalam internet dan masi mengacu pada Netiquette atau etika berinternet.

– haput

About haput070

Just a student of SBM-ITB View all posts by haput070

Leave a Reply

